Bawaslu Mamuju Tengah Akan Rekrut Penyelenggara Pemilu di tingkat Adhoc; ini tahapannya;

HUMAS Bawaslu Mamuju Tengah_Mamuju Tengah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mamuju Tengah (Mateng) akan kembali membentuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) di wilayah setempat guna mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Dalam tahapan pembentukan Panwascam ini, terlebih dahulu Bawaslu Mateng akan melakukan evaluasi kinerja untuk Panwascam existing yang diketahui telah melaksanakan tugas pada tahapan Pemilu 2024.

Supiardi selaku Kordiv HPPH Bawaslu Mateng saat dimintai keterangan oleh media ini mengatakan, penentuan diterima kembali Panwascam existing tergantung dari hasil evaluasi dan wawancara nantinya.

“Tentu mekanisme evaluasi dan wawancara akan menjadi penentunya,” kata Uphy sapaan Anggota Bawaslu Mateng ini, Selasa (23/04/2024) sore di sela-sela agenda rapat.

Saat ditanyakan mengenai apakah ada kemungkinan semua Panwascam Existing dapat diterima kembali dan pendaftaran terbuka untuk umum batal di buka, Supiardi menjawab tergantung apakah memenuhi syarat.

“Tergantung dari syarat jika terpenuhi maka bisa saja semua diterima kembali tapi tentu mekanisme evaluasi dan wawancara akan menjadi penentunya,” tegasnya.

Diketahui, Bawaslu Mateng telah mengumumkan jadwal pembentukan Panwascam untuk 5 Kecamatan di Mateng yang meliputi: Budong-Budong, Pangale, Tobadak, Topoyo dan Karossa. Untuk penerimaan Panwascam Existing tahapan dilaksanakan pada 23-27 April dan selanjutnya penerimaan Panwascam baru pada 5-7 Mei.

Terakhir, Supiardi juga berharap masyarakat Mateng pada khususnya dapat mengambil andil dalam proses rekrutment ini, terutama perempuan karena ada prasyaratan yang memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30% (tiga puluh persen).